Membuat Sendiri Solar Panel

Sabtu, 23 Juli 2011
Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.



BEA Indonesia,- Jakarta. Hanya segelintir orang yang mengenal dan memahami apa itu solar panel atau yang lebih dikenal dengan Panel Surya. Bisa dimaklumi, karena di negara kita, kebutuhan akan energi masih sangat amat tergantung dengan energi listrik yang bersumber dari batu bara atau gas. Tapi sesungguhnya, ada sumber energi yang berlimpah dan juga gratis yang kurang termanfaatkan oleh kita. Yakni energi matahari. Nah, panel surya adalah alat yang menangkap sinar matahari dan kemudian merubahnya menjadi energi listrik.

Jika kita peduli untuk menjaga alam semesta, sudah semestinyalah kita beralih ke sumber energi matahari untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Namun, banyak dari kita yang tidak mau beralih ke panel surya dengan alasan mahal, susah didapat dan tidak paham memakainya.

Nah, ternyata teknologi surya panel tidaklah serumit dan semahal yang kita perkirakan. Dengan sedikit kreativitas, kita bisa lho membuat panel surya sendiri. Cukup dengan menyiapkan antara lain kotak CD bekas yang terbuat dari plastik bening, lempengan besi & tembaga yang berguna sebagai konduktor, kabel tembaga dan lem silikon.

Ayo, kita coba praktekkan petunjuk praktis di bawah ini! Syukur syukur bisa digunakan untuk memenuhi sumber energi sehari hari, sehingga tidak terlalu bergantung dgn PLN.

Mari, kita buktikan kepada negeri ini bahwa kita peduli terhadap keberlangsungan semesta. We love greeener energy for better future!

Langkah pertama adalah dengan membuat plat oksida cuprous (plat besi yang berkarat) berbentuk kotak. Bersihkan salah satu sudut dengan amplas untuk disolder dengan kabel tembaga, plat tersebutakan berfungsi sebagai sisi negatif.

Kemudian buat plat positif dengan membentuk potongan U dari lembaran tembaga, sedikit lebih besar daripada plat oksida cuprous, dengan bagian dalam potongan U sedikit lebih kecil daripada plat oksida cuprous. Setelah itu solder kabel tembaga disalah satu sisi dari plat U tersebut. Rekatkan plat berbentuk U pada plastik bening CD bagian depan dengan lem silikon yang banyak agar tidak terjadi kebocoran. Pastikan bahwa koneksi solder benar-benar tertutup dengan lem, atau berada di luar lem berbentuk seperti digambar.

Gambar diatas menunjukkan sisi belakang dari solar cell (di sisi yang tidak menghadap matahari). Dan gambar di bawah ini menunjukkan sisi depan solar cell (sisi yang akan menghadapi matahari), perhatikan bahwa lem silikon tidak sepenuhnya menutupi plat tembaga yang berbentuk U, karena nantinya sebagian dari plat tembaga harus bersentuhan dengan air asin.

Langkah berikutnya adalah meletakkan plat yang berbentuk kotak diatas plat U, namun sebelumnya lem kembali plat U sehingga membentuk lapisan yang tebal, lapisan tersebut berfungsi untuk isolator dan agar membuat ruangan ruang untuk air asin. Sekali lagi, tidak semua bagian tembaga tertutup, sehingga akan ada bagian dari tembaga didalam kontak dengan air asin. Rekatkan plat kotak kelapisan lapisan lem tersebut. Sobat hijauMU harus menekan cukup keras untuk memastikan bahwa tidak ada celah, tapi tidak begitu keras sampai dua plat saling bersentuhan.

Gambar diatas menunjukkan sisi belakang solar cell (di sisi yang tidak menghadap matahari). Dan gambar bawah ini menunjukkan sisi depan solar cell (sisi yang akan menghadapi matahari), perhatikan bahwa kita akan menambahkan lem ekstra untuk membentuk saluran di bagian atas untuk membiarkan air asin yang akan ditambahkan.

Selanjutnya, gunakan pipet besar untuk menambah air asin. Isi sel hampir ke bagian atas plat tembaga, sehingga hampir tumpah keluar.Kemudian menutup saluran dengan lem, dan biarkan lem sampai kering.

Dalam gambar di atas kita dapat melihat solar panel bekerja di terik matahari, memberikan sekitar 36 microamperes saat ini.

Cukup mudah ternyata ya. Selamat mencoba!

Sumber : http://bit.ly/l5XBwr

3 Coment:

Hanif Ahmad Fauzi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hanif Ahmad Fauzi mengatakan...

Boleh juga .. .. wkwkwkkwkw ;)) :D

Mau bikiin akh. . tapi kira kira . .memakan biaya berapa ya . ..klo bahannya gak ada smua.. ???? :|

Telkom University mengatakan...

How can one effectively design and construct a homemade solar panel system for residential use?Telkom University

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))